Sistem Penjaminan Mutu Fakultas Psikologi

Pelaksanaan penjaminan mutu pada Fakultas, dilakukan oleh Unit Jaminan Mutu (UJM) pada tingkat jurusan, yang bertanggung jawab pada proses pengelolaan mutu internal pada tingkat jurusan maupun program studi. UJM di tingkat jurusan bertugas sebagai auditor internal yang mengaudit pengelolaan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi.

Standar Mutu Fakultas Psikologi

Ketua Jurusan/ Program Studi bertanggung jawab atas tersusunnya:1).Spesifikasi Program Studi (SP), 2). Kompetensi Jurusan,3). Manual Prosedur (MP) dan 4). Instruksi Kerja (IK) yang sesuai dengan Standar Akademik

Ketua Program Studi juga bertanggungjawab atas terlaksananya:

  1. Proses pembelajaran yang bermutu sesuai dengan SP, MP, IK;
  2. Evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran;
  3. Evaluasi hasil proses pembelajaran;
  4. Tindakan perbaikan proses pembelajaran;
  5. Penyempurnaan SP, MP, dan IK secara berkelanjutan.

Skripsi merupakan salah satu syarat mutlak bagi seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studi Strata Satu (S1). Proses pengusulan skripsi harus melalui tahap-tahap yang sesuai dengan aturan akademik Universitas “45” Makassar. Diantara ketentuan tersebut adalah terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada Fakultas Psikologi Universitas “45” Makassar, telah melulusi beban kuliah minimal 141 SKS, telah melulusi mata kuliah  teknik penulisan skripsi, metodologi penelitian dan semua mata kuliah wajib dan pilihan yang diprogramkan.telah mengikuti seminar proposal minimal 10 kali, yang dibuktikan dengan menunjukkan kartu seminar. Mahasiswa diharapkan memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3.0. Disamping itu, mereka telah menghasilkan karya tulis yang dimuat di jurnal yang memiliki nomor ISSN terdaftar. Dalam proses penelitian dan bimbingan di disertai dengan pendampingan validator ahli. Penyelesaian penelitian dan pembimbingan dilakukan minimal 3 bulan.

Perkuliahan dikontrol pelaksanaannya dengan menerapkan pengisian   absensi secara tertulis bagi mahasiswa. Bagi dosen, terdapat absensi secara tertulis dan absen sidik jari.