1. KEBIJAKAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru dilaksanakan melalui beberapa jalur. Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB U-”45”) secara tertulis yang dilaksanakan melalui tes tertulis untuk materi IPS, materi IPA dan materi TPA.

Seleksi tersebut merujuk kepada Peraturan Akademik Pasal 12 Tahun 2013 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Universitas Bosowa dan di buku Panduan Masuk Universitas Bosowa. Proses dimulai dari penyebaran informasi penerimaan maba berupa iklan, poster dan website sedangkan pengumuman lulusan diumumkan pada web Universitas Bosowa dan surat kabar yang mudah diakses oleh calon mahasiswa.

2. KRITERIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Kriteria Umum calon mahasiswa baru adalah:

  • Memiliki ijazah SMU dan sederajat maksimal 2 tahun.
  • Lulus ujian seleksi.
  • Memenuhi syarat administrasi.
  • Menandatangani Surat Keterangan tidak akan mengikuti kegiatan-kegiatan pra kuliah semester di luar kegiatan universitas.

3. PROSEDUR

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Universitas Bosowa terdiri dari:

  • Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis yang dilaksanakan melalui tes tertulis yang terdiri dari 2 gelombang yakni sebelum SBMPT dan sesudah SBMPT.
  • Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Undangan yakni seleksi calon mahasiswa berprestasi dengan cara mengundang calon mahasiswa baru di setiap SMA/SMK dengan dengan melihat nilai atau rangking 1-10 dari sekolah asal.

4. INSTRUMEN

Instrumen utama yang digunakan dalam seleksi penerimaan mahasiswa  baru sebagai berikut :

  1. Soal untuk materi IPA dan IPS dibuat oleh tim panitia penerimaan mahasiswa baru yang ditentukan oleh Rektor.
  2. Soal untuk materi TPA dibuat oleh tim yang menggunakan standar instrumen yang berlaku di seluruh Indonesia
  3. Kegiatan seleksi selama 2 (dua) hari dilaksanakan di Kampus Universitas Bosowa dengan melibatkan beberapa pengawas ujian.

5. SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Untuk menentukan kelulusan peserta seleksi yang dapat diterima sebagai mahasiswa baru, maka seluruh hasil test ujian masuk disampaikan kepada Rektor dan Yayasan untuk mengambil keputusan penerimaan mahasiswa baru.  Mahasiswa yang dinyatakan lulus didasarkan oleh urutan rangking yang mengacu pada alokasi kemampuan atau daya tampung program studi. Selanjutnya pengumuman itu disampaikan melalui berbagai media seperti surat kabar, televisi dan koran kampus. Isinya menyampaikan kepada mahasiswa yang lulus dan syarat-syarat pendaftar ulang yang harus dipenuhi oleh mahasiswa baru Universitas Bosowa dan juga disampaikan dalam buku pedoman masuk Universitas Bosowa.