1.  KEBIJAKAN TENTANG SUASANA AKADEMIK

Fakultas selalu mengontrol aktifitas pengajaran dengan ketat sehingga fakultas mampu mengontrol perkembangan mahasiswa dengan maksimal, jika ditemukan mahasiswa yang tidak maksimal mengikuti perkuliahan maka mahasiswa yang bersangkutan akan dipanggi dan berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik masing-masing mahasiswa.

Para dosen juga didorong untuk selalu aktif dalam kegiatan penelitian dengan melibatkan mahasiswa sehingga terjadi kondisi penelitian yang mendukung di dalam fakultas.

Dalam pelaksanaan perkuliahan diterapkan aturan perkuliahan yang diseragamkan sesuai hasil rapat yang dilaksanakan pada tingkat fakultas. Waktu pelaksanaan perkuliahan diawasi secara ketat oleh Penjaminan mutu dengan tujuan untuk mengefektifkan waktu perkuliahan dan mengurangi kelas yang kosong.

2.  PENYEDIAAN SARANA & PRASARANA

Peralihan pengelolaan diikuti dengan perbaikan sarana dan prasarana. Hal ini terlihat pada renovasi ruang kuliah yang representatif yaitu ruang kuliah yang sejuk dan memiliki peralatan perkuliahan yang modern.

3.  DUKUNGAN DANA

Dukungan dana didapatkan dari dana pengembangan yang diberikan oleh Yayasan yang berdasarkan besaran anggaran yang diajukan melalui RKAT.

4.  KEGIATAN AKADEMIK DI DALAM DAN LUAR KELAS

Kegiatan akademik didalam kelas dilakukan dengan berbagai metode yang dipilih atau dikembangkan oleh masing-masing dosen. Mulai dari metode diskusi interaktif, mengubah desain kelas, membagi dalam kelompok kecil, atau menggunakan metode simulasi dalam mata kuliah-mata kuliah tertentu. Kegiatan akademik diluar kelas dilakukan dalam bentuk kunjugan ke fasilitas-fasilitas umum yang berkaitan dengan pelaksanaan mata kuliah, seperti kunjungan ke Semen Bosowa terkait dengan mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi. Kunjugan ke Rumah Sakit Jiwa Dadi terkait dengan mata kuliah Psikologi Abnormal. Kunjungan ke Badan Narkotika Nasional terkait dengan mata kuliah Psikologi Klinis. Hal ini dilakukan dengan tujuan menambah wawasan secara aplikatif terhadap mata kuliah yang diajarkan oleh Dosen.