PERENCANAAN

Tujuan penyusunan perencanaan dosen dan tenaga kependidikan (Manpower Plan) adalah untuk mengetahui kesesuaian atau ketepatan komposisi dosen dan tenaga kependidikan (Manpower) di fakultas Psikologi Universitas “45”. Dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan SDM, baik kuantitas maupun kualitas yang direncanakan satu tahun sekali, jika ada kebutuhan diluar perencanaan 1 tahun, akan dibuat permintaan kebutuhan dosen atau tenaga kependidikan dengan diketahui oleh Rektor dan disetujui oleh Ketua Yayasan Aksa Mahmud. Alur perencanaan calon dosen dan tenaga kependidikan dimulai dari usulan oleh Ketua Program studi, lalu diketahui oleh Dekan Fakultas Psikologi, yang kemudian akan diajukan kepada Wakil Rektor II untuk disetujui. Prinsip dasar perencanaan seleksi rekrutmen SDM adalah transparan, akuntabel untuk mendapatkan SDM yang memiliki kompetensi dan profesional di bidangnya sesuai formasi yang tersedia. Perencanaan seleksi/rekrutmen dosen dan tenaga kependidikan pada Universitas “45” dilakukan melalui proses dengan tahapan yang meliputi: (1) Penetapan jumlah kebutuhan SDM berdasarkan formasi dosen dan tenaga kependidikan, Penetapan kriteria calon dosen dan tenaga kependidikan berdasarkan standar kompetensi masing-masing formasi, (3) Pengumuman pendaftaran seleksi/rekrutmen melalui media online, media cetak dan sosial media, (4) Pelaksanaan ujian seleksi/rekrutmen dengan tahapan meliputi: (a) seleksi berkas/administrasi, (b) mengikuti psikotes, (c) micro teaching khusus bagi calon dosen, dan (d) wawancara, (5) Pengumuman hasil seleksi.

REKRUTMEN

Rekrutmen dalam upaya mencari calon dosen dan tenaga kependidikan dapat melalui data base pelamar, kunjungan dan kerjasama kampus, bursa kerja, pemasangan iklan di media massa, jaringan email dan sosial media, jasa pihak lain, referensi dan lain-lain. Berdasarkan hasil seleksi/rekrutmen dosen dan tenaga kependidikan tersebut, calon dosen dan tenaga kependidikan yang dinyatakan lulus diangkat dengan Keputusan Ketua Yayasan Aksa Mahmud yang ditetapkan berdasarkan SK dosen yang diterbitkan dan ditempatkan pada unit organisasi sesuai dengan formasi jabatan yang telah ditentukan.

Pelaksanaan seleksi/rekrutmen dosen dan tenaga kependidikan pada Fakultas Psikologi Universitas Bosowa dilakukan oleh tim atau panitia pelaksana yang dibentuk/ditugaskan dengan Keputusan Ketua BPH Universitas Bosowa. Panitia seleksi/rekrutmen dalam melaksanakan tugasnya mengacu pada Peraturan Ketua Yayasan Aksa Mahmud Tahun 2013 tentang SISTEM PENGELOLAAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS BOSOWA, dan Keputusan Ketua BPH Universitas Bosowa Tahun 2013 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Seleksi Dosen dan Tenaga Kependidikan.

ORIENTASI DAN PENEMPATAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Penempatan dosen dan tenaga kependidikan merupakan salah satu aspek dalam sistem pembinaan SDM di lingkungan Fakultas Psikologi Universitas “45” yang dilaksanakan berdasarkan prinsip the right man on the right place at the right time, dalam artian setiap dosen ditempatkan pada posisi dan penugasan tertentu pada unit kerja tertentu, senantiasa didasarkan kepada pertimbangan pemenuhan kompetensi dan kapasitas sesuai dengan kebutuhan kompetensi dan profesionalisme jabatan yang dibutuhkan.

Penempatan dosen sebagai sumber daya tetap pada fakultas, sesuai dengan komptensi dan kapasitas keilmuan/akademik yang dimiliki untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Di samping itu, tenaga dosen juga dapat diangkat dalam jabatan tugas tambahan sebagai Pimpinan Jurusan, Pimpinan Fakultas berdasarkan kompetensi dan kapasitas manajerial yang dimiliki, dengan masa jabatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sedangkan penempatan tenaga kependidikan sebagai sumber daya tetap pada unit kerja supporting (administratif/teknis lainnya) sesuai dengan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai fungsional tertentu (pustakawan, laboran, pranata humas, dan sebagainya), atau fungsional umum (staf administrasi, dan sebagainya). Di samping itu, tenaga kependidikan fungsional tertentu juga dapat diangkat dalam jabatan sebagai kepala UPT (perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya).

PENGEMBANGAN KARIR

Pengembangan dosen dan tenaga kependidikan merupakan salah satu aspek dalam Sistem Pembinaan SDM di lingkungan Fakultas Psikologi Universitas Bosowa dengan berbagai program pengembangan SDM, meliputi: (1) tugas belajar, (2) izin belajar, (3) pendidikan dan pelatihan teknis/fungsional, (4) workshop, dan (5) seminar. Pendekatan dan prinsip dasar pengembangan dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Psikologi Universitas Bosowa diselaraskan dengan peraturan perundang-undangan dan/atau kebijakan pemerintah yang berlaku untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan dalam rangka upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi.  Pengembangan SDM dengan berbagai program dimaksud pada dasarnya merupakan hak bagi setiap dosen dan tenaga kependidikan tetap pada Fakultas Psikologi Universitas Bosowa, namun demikian sistem dan mekanismenya diatur dengan peraturan Yayasan Aksa Mahmud dan BPH Universitas Bosowa.

RENUMERASI, PENGHARGAAN, & SANKSI

Selain gaji pokok pegawai Fakultas Psikologi Universitas Bosowa baik dosen maupun tenaga kependidikan menerima tunjangan kinerja serta imbalan pokok presensi. Tunjangan kinerja dan imbalan pokok presensi diberikan sesuai dengan jumlah jam kehadiran ke unit kerja. Sebagai landasan hukumnya diterbitkan Peraturan Rektor Nomor 21 Tahun 2010 tentang Disiplin Presensi Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Bosowa dan Keputusan Rektor Nomor 53/K/2012 tentang Pemberian Imbalan Pokok Disiplin Presensi Dosen dan Tenaga Kependidikan.

Penghargaan diberikan kepada pegawai yang menunjukkan kesetiaan atau berjasa terhadap institusi atau yang telah menunjukkan prestasi kerja luar biasa. Penghargaan ini diberikan satu tahun sekali baik terhadap dosen hingga kepada pegawai cleaning service. Peraturan Universitas Bosowa yang digunakan dalam melegalisasi penghargaan.

Dalam upaya memberikan pedoman dalam bertindak dan berperilaku bagi pegawai Fakultas Psikologi Universitas Bosowa agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku telah disusun peraturan Rektor yang dijadikan pedoman dan juga mengatur sanksi yang diberikan bagi pelanggar terhadap aturan tersebut yang tertuang dalam peraturan Rektor.

PEMBERHENTIAN

Adapun proses pemberhentian SDM Fakultas Psikologi dilakukan berdasarkan evaluasi kinerja setelah melalui tahapan pembinaan oleh Tim Pembinaan Aparat Universitas Bosowa. Pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan dilaksanakan mengacu pada Penjaminan Mutu pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan. Dosen dan tenaga kependidikan dapat diberhentikan apabila :

  1. Mengajukan permohonan berhenti;
  2. Tidak memenuhi syarat kesehatan;
  3. Tidak menunjukkan kecakapan dalam melaksanakan, tugas; menunjukkan sikap dan budi pekerti yang tidak baik yang dapat mengganggu lingkungan pekerjaan;
  4. Melanggar peraturan dosen dan tenaga kependidikan yang telah ditetapkan oleh pihak Universitas dan Yayasan.

Pada waktu melamar dengan sengaja memberikan keterangan atau bukti yang tidak benar.