Tata pamong adalah suatu sistem yang dapat menjadikan kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu berjalan secara efektif di dalam universitas/institusi yang mengelola program studi. Hal-hal yang menjadi fokus di dalam tata pamong termasuk bagaimana kebijakan dan strategi disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan terpilihnya pemimpin dan pengelola yang kredibel dan sistem penyelenggaraan program studi secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan menerapkan prinsip-prinsip keadilan.

Organisasi dan sistem tata pamong yang baik (good governance) mencerminkan kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab dan keadilan Fakultas/ Sekolah Tinggi dalam mengelola program studi.

1. Kredibel

Ada sejumlah Tata pamong Program Studi Psikologi Universitas Bosowa mengacu pada peraturan Rektor renop dan renstra Universitas Bosowa tentang deskripsi peran, tugas dan tanggung jawab dari tingkat struktural, dosen maupun staf yang ada di program studi Psikologi,. Untuk membangun sistem tata pamong yang kredibel, program studi Psikologi menempatkan SDM yang kompeten dibidangnya, misalnya para dosen mengampu mata kuliah sesuai dengan bidang profesinya, serta staf sesuai dengan kemampuan dan pengalamannya.

2. Transparan

Transparansi tata pamong program studi Psikologi dapat dicerminkan sebagai berikut: dalam membuat rencana-rencana kegiatan dan rancangan kebijakan terlebih dahulu diagendakan pada rapat program studi Psikologi, dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari civitas akademika untuk diputuskan secara bersama. Selanjutnya, keputusan atau kebijakan tersebut akan disosialisasikan ke civitas akademika termasuk mahasiswa.

3. Akuntabel

Untuk tata pamong yang akuntabel, program studi dalam pelaksanaan setiap kegiatan akademik memberikan laporan pertanggungjawaban kepada Dekan. Ketua program studi bertanggung jawab terhadap bekerjanya mekanisme sistem yang ada di program studi. Untuk memastikan jalannya mekanisme tersebut, dilakukan pengawasan terhadap kegiatan akademik melaluui monitoring absen harian. Selain itu, setiap dosen maupun staf juga dilakukan evaluasi melalui pengukuran atau penilaian terhadap kinerjanya masing-masing.

4. Bertanggung Jawab

Sebagai perwujudan tata pamong yang bertanggungjawab, pelaksanaan setiap kegiatan yang ada pada proggram studi senantiasa mematuhi peraturan-peraturan yang ada seperti: peraturan universitas, keputusan Rektor, peraturan fakultas, dan keputusan dekan/ketua lembaga. Peraturan tersebut satu dengan yang lainnya tidak boleh saling bertentangan.

5. Adil

Adapun sistem tata pamong yang adil di program studi dibangun atas dasar profesionalisme kerja. Bagi dosen diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di universitas baik  dalam dan di luar negeri.