Pelaksanaan Penjaminan Mutu

Pelaksanaan penjaminan mutu pada program studi, dilakukan oleh Unit Jaminan Mutu (UJM) pada tingkat jurusan, yang bertanggung jawab pada proses pengelolaan mutu internal pada tingkat jurusan maupun program studi. UJM di tingkat jurusan bertugas sebagai auditor internal yang mengaudit pengelolaan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi.

Ketua Jurusan/ Program Studi bertanggung jawab atas tersusunnya:1).Spesifikasi Program Studi (SP), 2). Kompetensi Jurusan,3). Manual Prosedur (MP) dan 4). Instruksi Kerja (IK) yang sesuai dengan Standar Akademik

Ketua Program Studi juga bertanggung jawab atas terlaksananya:

  1. Proses pembelajaran yang bermutu sesuai dengan SP, MP, IK;
  2. Evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran;
  3. Evaluasi hasil proses pembelajaran;
  4. Tindakan perbaikan proses pembelajaran;
  5. Penyempurnaan SP, MP, dan IK secara berkelanjutan.

Skripsi merupakan salah satu syarat mutlak bagi seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studi Strata Satu (S1). Proses pengusulan skripsi harus melalui tahap-tahap yang sesuai dengan aturan akademik Universitas Bosowa Makassar. Diantara ketentuan tersebut adalah terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar, telah melulusi beban kuliah minimal 141 SKS, telah melulusi mata kuliah  teknik penulisan skripsi, metodologi penelitian dan semua mata kuliah wajib dan pilihan yang diprogramkan.telah mengikuti seminar proposal minimal 10 kali, yang dibuktikan dengan menunjukkan kartu seminar. Mahasiswa diharapkan memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3.0. Disamping itu, mereka telah menghasilkan karya tulis yang dimuat di jurnal yang memiliki nomor ISSN terdaftar. Dalam proses penelitian dan bimbingan di disertai dengan pendampingan validator ahli. Penyelesaian penelitian dan pembimbingan dilakukan minimal 3 bulan.

Perkuliahan dikontrol pelaksanaannya dengan menerapkan pengisian   absensi secara tertulis bagi mahasiswa. Bagi dosen, terdapat absensi secara tertulis dan absen sidik jari.

Umpan Balik

Isi Umpan BalikTindak Lanjut
Dari Dosen:
Iklim akademis mahasiswa yang dirasakan masih belum maksimal.Dipandang perlu mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang iklim akademik yang kondusif di jurusan/program studi. Diantaranya:
Meningkatkan kualitas dosen melalui pendidikan baik didalam maupun diluar negeri.Dosen mengarahkan dan memfasilitasi pembinaan akademik mahasiswa dalam membentuk kelompok-kelompok kajian/ studi
Membenahi dan menambah koleksi literatur pepustakaan
Mengefektifkan penggunaan jaringan internet agar civitas akademika dapat mengakses informasi yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
Dari Mahasiswa:
Proses pembelajaran yang monoton.Mahasiswa melalui evaluasi dosen menyarankan perlu ada variasi pembelajaran kelas, baik dalam metode maupun media.
Ruang perkuliahan yang belum memadaiMelakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap ruangan perkuliahan sehingga dianggap representatif bagi mahasiswa.
Perbaikan laboratorium yang sesuai dengan standar yang diterapkan oleh AP2TPI.
Dari Alumni:
Sebagian besar para lulusan dipandang belum memiliki kepercayaan diri untuk terjun di masyarakat, serta semangat kepemimpinan yang minim.Alumni menyarankan melalui forum dialog akademik, perlunya memberikan atau menambah kualitas pengembangan soft skill mahasiswa dalam bentuk pelatihan-pelatihan khusus,, pengkaderan serta pembelajaran soft skill yang terintegrasi dalam satuan pembelajaran di tiap-tiap mata kuliah.
Alumni kurang diberikan skill yang diperlukan di dunia kerja.Memberikan skill-skill dasar bagi mahasiswa tingkat akhir yang terkait dengan kebutuhan lapangan kerja.
Pengetahuan tentang orientasi kerja alumni setelah kuliah.Memberikan Pelatihan bimbingan karir yang dilakukan pada mahasiswa semester akhir sebagai bekal setelah menyelesaikan studi.
Minimnya pengetahuan tentang teori-teori dasar ilmu psikologiMemperkaya literatur perpustakaan dan meningkatkan minat baca mahasiswa
Pengguna lulusan menyarankan pihak program studi untuk dalam rekonstruksi kurikulum dengan menambahkan porsi praktek dalam mata kuliah sehingga dapat meningkatkan skill alumni dalam memasuki dunia kerja

Keberlanjutan Prodi PGSD

Program Studi Psikologi berupaya terus menerus melakukan sosialisasi,dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya disiplin ilmu Psikologi, hal ini penting untuk menjamin keberlanjutan jalannya program studi Psikologi .

Sosialisasi yang dilakukan berkaitan dengan peran ilmu psikologi yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sosialisasi yang dilakukan dimulai kepada mahasiswa baru tentang arah pengembangan fakultas dan keilmuan psikologi di Universitas Bosowa makassar. Selanjutnya sosialisasi dilanjutkan di sekolah-sekolah dengan tujuan untuk memberikan pandangan tentang ilmu psikologi sehingga meningkatkan minat siswa terhadap ilmu psikologi.

Sosial media juga menjadi alat untuk memperkenalkan fakultas psikologi Universitas Bosowa dengan tujuan agar lebih memperluas jaringan dan meningkatkan animo untuk bergabung dengan fakultas Psikologi.

Menyelenggarakan seminar dan kegiatan kemasyarakatan bekerja sama dengan BEM yang berkaitan dengan ilmu psikologi dengan tujuan pengabdian kepada masyarakat dan juga sosialisasi dengan masyarakat luas.

Untuk rencana kedepannya, fakultas Psikologi mencoba menjalin kerjasama dengan instansi-instansi daerah dengan tujuan untuk menjaring mahasiswa.

Upaya peningkatan mutu pengelolaan mengacu pada pengadaan hal-hal sebagai berikut:

  • SDM yang berkualitas (bermutu)
  • Sarana dan prasarana yang ada kiranya perlu ditingkatkan
  • Pemberian reward dan punishment terhadap civitas akademika untuk meningkatkan motivasi dan kualitas pelayanan.

Pada hakekatnya adalah merupakan langkah yang harus dilakukan dan terus dikembangkan oleh jurusan/program studi Psikologi. Oleh karena itu jurusan/ program studi harus diberikan kewenangan otonomi akademik yang seluas-luasnya dalam rangka mensinergikan proses pembelajaran dan tuntutan dunia kerja. Misalnya dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi dalam Proses Belajar Mengajar, pembelajaran dengan 16 kali pertemuan didesain untuk mengasah kreatifitas mahasiswa melalui metode student centre learning, dengan mengoptimalkan praktek, diskusi kelas, analisis kasus, dan seminimal mungkin menggunakan metode ceramah.

Untuk menjamin keberlangsungan program studi Psikologi, kerjasama kemitraan adalah hal yang diperlukan. Program Studi Psikologi membangun kemitraan strategis dengan pihak pemerintah daerah, swasta, dengan perguruan tinggi Psikologi lain, dan dengan organisasi AP2TPI meski belum ditindaklanjuti dalam bentuk MOU, bentuk kemitraan dengan mendatangkan pengajar (dosen tamu) dan praktisi pada kegiatan kuliah umum, seminar dan lain-lain. Kemitraan juga terbangun dengan pelayanan jasa pelaksanaan Psikotes yang dibawahi oleh Biro Konsultasi Psikologi yang bertujuan sebagai salah satu sumber keuangan untuk pengembangan fakultas Psikologi ke depannya.

Program studi aktif dalam meng up-date informasi penelitian melalui lembaga penelitian Universitas, demikian sebaliknya pihak lembaga penelitian universitas aktif memberikan informasi kepada program studi. Namun kami menyadari untuk kedepannya masih perlu upaya maksimal untuk mendapatkan dana hibah kompetitif.