Proses Pembimbingan Tugas Akhir

Buku Panduan Penulisan skripsi telah dirancang sejak tahun 2009, dan telah rampung dibuat pada tahun 2010. Buku panduan ini kemudian disosialisasikan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir. Proses sosialisasi dilakukan dengan berbagai metode yaitu :

  1. Dalam perkuliahan sosialisasi tentang panduan tugas akhir dimulai sejak memasuki mata kuliah yang berkaitan dengan penelitian. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk pemahaman tentang penulisan skripsi atau karya ilmiah dengan format yang disesuaikan dengan panduan penulisan tugas akhir dari fakultas.
  2. Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk memprogramkan mata kuliah Teknik Penulisan Skripsi. Dalam mata kuliah ini mahasiswa wajib memiliki Buku Panduan Penulisan Skripsi, dengan tujuan mahasiswa dapat memahami kaidah penulisan skripsi lebih awal.
  3. Sebelum mengusulkan judul skripsi, fakultas mengadakan pertemuan guna membahas proses penelitian yang akan dilalui oleh mahasiswa. Dalam pertemuan tersebut akan dijelaskan tentang arah penelitian sesuai Buku Panduan Penulisan Skripsi.
  4. Pembimbing melakukan proses pembimbingan dengan berdasar kepada aturan yang ditetapkan di dalam Buku Panduan Penulisan Skripsi.

Buku panduan ini kemudian menjadi buku pengontrol pembimbingan tugas akhir, sehingga setiap kali mahasiswa melakukan bimbingan maka akan tercatat di dalam buku panduan skripsi tersebut.

Buku Panduan Penulisan Skripsi kemudian di revisi pada tahun 2014 dengan memperbaiki beberapa aspek yang mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh Universitas seperti peraturan penulisan dan hal-hal penting yang dianggap perlu.

PANDUAN TUGAS AKHIR

Skripsi merupakan salah satu syarat mutlak bagi seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studi Strata Satu (S1). Proses pengusulan skripsi harus melalui tahap-tahap yang sesuai dengan aturan akademik Universitas Bosowa Makassar. Diantara ketentuan tersebut adalah:

  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar
  • Telah melulusi beban kuliah minimal 141 SKS
  • Telah melulusi mata kuliah  teknik penulisan skripsi, metodologi penelitian dan semua mata kuliah wajib dan pilihan yang diprogramkan.
  • Telah mengikuti seminar proposal minimal 10 kali, yang dibuktikan dengan menunjukkan kartu seminar.
  • Mahasiswa diharapkan memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3.0.
  • Disamping itu, mereka telah menghasilkan karya tulis yang dimuat di jurnal yang memiliki nomor ISSN terdaftar.
  • Dalam proses penelitian dan bimbingan di disertai dengan pendampingan validator ahli.
  • Penyelesaian penelitian dan pembimbingan dilakukan minimal 3 bulan.

QUICKLINK

Laporan Data Pembimbingan Tugas Akhir

Rasio Pembimbingan Tugas Akhir
Mahasiswa:Dosen

3:1

Rata-rata Banyaknya Pertemuan Dosen-Mahasiswa
Dari pengambilan-penyelesaian TA

15 Kali

Rata-rata lama waktu penyelesaian TA

6 Bulan

 *terhitung 3 tahun terakhir(mar 2017)

Nama Dosen Pembimbing Jumlah Mahasiswa
Minarni, S.Psi.,M.A. 6
Musawwir, S.Psi.,M.Pd 4
Arie Gunawan HZ, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog. 4